Top Navigation Bar

Jumat, 11 Januari 2013

Motor dan Kelistrikan Tiba-Tiba Mati, Cukup Ganti Sekring


Dulu beberapa Yamaha V-ixion tiba-tiba mati mendadak, kelistrikan juga mati. Kalau sudah berbicara masalah yang berkaitan dengan kelistrikan motor, pasti yang pertama dilirik adalah aki dan kiprok. Memang betul aki dan kiprok adalah media kelistrikan yang menghasilkan listrik dan menyimpan listrik guna lampu utama, sign, klakson serta perangkat pendukung/sensor fuel injection Yamaha Vixion


Tapi jangan langsung melakukan penggantian kedua part tersebut sebelum melakukan pengecekan pada sekring kendaraan anda.

Hampir semua motor keluaran 2007 keatas sudah menggunakan media sekring dalam menghantarkan listrik di kendaraan. Fungsi sekring sendiri adalah untuk memutuskan arus listrik yang memiliki beban berlebihan, baik voltasenya dan panas yang dihasilkan. Motor keluaran di bawah 2009 cenderung memiliki arus listrik yang kuraang stabil dan menghasilkan panas yang berlebihan sehingga mengakibatkan sekring putus. 
Jika sekring putus maka lakukan penggantian. Penggantiannya murah loh, cuma goceng, alias Rp. 5.000,-. ketika melakukan penggantian sekring pastikan kapasitasnya sama dengan spesifikasi asli (20 Ampere untuk Yamaha Vixion) dan pastikan kualitasnya elemen fuse nya lebih baik dari yang semula sehingga mampu menahan beban listrik dan panas yang lebih baik. Semoga bermanfaat. Hendra5170_ 
Comments
43 Comments

43 komentar:

  1. dalam kondisi sekring mati, mesin masih bisa dinyalakan ga gan?
    vixion ku tu listriknya mati tp kalo diengkel mesin masih mau nyala

    BalasHapus
    Balasan
    1. harusnya kalo sekring mati, klistrikan smw mati total, klo diengkol masih nyala berarti bukan karena sekring, mungkin cuma low aja aki nya_

      Hapus
    2. Udah ketaun blm gan penyebabnya,punya ane jg ke gitu sama,ni blm ketauan penyebabnya...

      Hapus
  2. udah cba ganti fuse, masih blm mau idup jga Gan.....bingung jdi nya???

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah cek tegangan aki gan?
      pke kick-stater bisa?
      klo msh blm mau hidup, harus dibawa k bengkel resmi gan biar bisa dicek pke diagnostic tools nya, soalnya banyak hal yang bisa buat si vixion ogah hidup.

      Goodluck gan,
      @hendra5170

      Hapus
    2. Aku mau tanya nih mas ,, kalau sekring nya di langsung masalah ngga..??

      Hapus
  3. Awalnya viximon gw digas besar malah mati,udah ganti busi ƍɑ̤̈κ̣̇ Ǟϑª perubahan,lalu gw bawa kediler diganti filter oli baru bisa digas besar tapi jarak 3KM perjalanan langsung mati mendadak dan ƍɑ̤̈κ̣̇ bisa hidup Ļά̲̣ƍɪ̣̝̇,itu apa penyebabnya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. filter angin ketutup atau tidak lancar mgkn bos

      Hapus
    2. Bisa jd tuh..ada baiknya smw dicek biar ketahuan penyakitnya..

      Hapus
  4. Vixion gw punya 2 jalur kelistrikan yg berbeda
    1.jalur biasa dengan kunci
    2.jalur dengan menggunakan modul/remote

    Awalnya vixion gw nyendat2 waktu jalan, semacam listrik putus semntara tiba2, tapi motor masih jalan karena cuma terputus sepersekian detik (terlihat dari indikasi lampu kuning merah yang menyala seperti baru dikontak)
    Lalu setelah beberapa hari, jalur kunci kontaknya sama sekali ga ngerespon/menyala! Gw pikir sekringnya putus, ga taunya masih oke smpe gw ganti baru juga ga mau nyala.
    Lalu gw pikir modul remote gw yg bermasalah/konslet, tapi kan dia memakai jalur yg berbeda dan ga ada gejala yg aneh2, malahan klo pake modul motor gw hidup dan ga bermasalah di kelistrikannya!

    Kira2 apa ya bro? Kayanya yg pasti sih jalur normalnya, tapi apanya bro? Gw pusing nih?

    Mr.Red

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau jalur modul/remote berjalan normal, mas bro bisa cek jalur kunci kontraknya, khawatir kunci kontaknya yang bermasalah..
      kalau pusing mending dibawa ke bengkel resmi mas bro, saya juga kalau udah nyerah (saking pusingnya) mending lari ke bengkel resmi.. hehe

      Hapus
  5. bos salam kenal,motor jp z lampu indikator mati stater tdak bisa tapi diegkol hidup t: apa masalahnya. trim

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu bisa jadi akinya mas bro, sudah dicek kah tegangan akinya?
      mungkin akinya sudah lemah sehingga tidak kuat memutar dinamo staternya..
      so, monggo di cek dahulu :)

      Hapus
  6. mtor ane mx gan klo skringnya dcbut ko ga mti y msin sblmx langsung mati apa ya mslahnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin sudah di bypass langsung mas, di rumah sekringnya ada kabel yang konek langsung gak?kalo ada berarti fungsi sekringnya sudah dimatikan dan dibypass langsung pakai kabel..

      Hapus
  7. mau tanya gan vixion ane,,
    kalo di buat jalan jarak jauh mati,, lampu indikator mesin menyaa ajja,, lampu redup klakson redup,, terus tiba2 mati di jlan ndut-ndutan kaya kehabisan bensin,, setah berhnti di diemin jalan lagi nmun brpa kilometer kejadian sma terulang mati lagi,,

    udh ganti aki ampe 3 kali katanya harus di ganti kiprok sma sepul bnr gak gan..! sharing ajaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. cek kelistrikannya bro, bisa juga dari modul kelistrikannya..alias ecu nya..lebih enak dibawa ke bengkel resmi biar dicek melalui FIDT..

      Hapus
    2. Hal itu pernah saya alami...rusak nya di spull nya..mayan juga harga spull nya total nya hampir 300rb di kalimantan barat..

      Hapus
  8. gan mtr ane mx kalau di on ga nyala semua mati ga'ada lampu netral , stater ,dlnya tapi kalau di selah ada nyala tapi stater ga bsa malah ada suara seretret , klakson pelan, sen ga berkedip* diem aja , itu kenapa y gan mohon di jwb, trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan aki bro, soalnya klo stater, klakson, dan lampu netral gak nyala pasti berhubungan dengan aki. coba cek aki dan jalur kelistrikannya.

      Hapus
  9. Misi gan ane mau nanya, kmrn vixi ane tiba-tiba mati, n semua kelistrikannya juga. Kunci ane matiin trus idupin tapi gk terjadi apa-apa ky biasanya lampu-lampu sma indikator idup, nah ini mati smua. Pas diengkol idup tu mtor, tapi lampu-lampunya redup, n spedo + tachometer tewas. Masalahnya kira-kira dimana ya gan?

    BalasHapus
  10. gan mtor ane kan vixion nih 2011 nah mslahnya mtor kalo di psang klakson yg stndran pbrik lah ko tba2 klstrkan ky aki stter ga nyla ya msin di sela jg ga mau nyala tapi klo klaksonnya di cpot bsa nyala itu knp ya gan..trmksh di tnggu jwbnny

    BalasHapus
  11. Gan mau tanya, motor nvl gue kalau di pake kecepatan tinggi kok mati, gejala kayak kehabisan bensin, lampu, spedo meter mati total, di starter gak bisa, baru nyala 10-15 kemudian, kira2 itu knapa ya gan ??

    BalasHapus
  12. Mas saya mau tanyaa saya punya motor vixion 2012 knpa yaa tiba2 mati sendiri ,bisa hidup lagi harus nunggu 10/15 menitan dan injeksi nya ga bunyi.kelistrikan normal kaya lampu nd klakson apa kah itu injeksi nya yg udh lemah apa gmna mas tolong penjelan terimakasih

    BalasHapus
  13. Mas saya mau tanyaa saya punya motor vixion 2012 knpa yaa tiba2 mati sendiri ,bisa hidup lagi harus nunggu 10/15 menitan dan injeksi nya ga bunyi.kelistrikan normal kaya lampu nd klakson apa kah itu injeksi nya yg udh lemah apa gmna mas tolong penjelan terimakasih

    BalasHapus
  14. Mas saya mau tanyaa saya punya motor vixion 2012 knpa yaa tiba2 mati sendiri ,bisa hidup lagi harus nunggu 10/15 menitan dan injeksi nya ga bunyi.kelistrikan normal kaya lampu nd klakson apa kah itu injeksi nya yg udh lemah apa gmna mas tolong penjelan terimakasih

    BalasHapus
  15. Mas vixion ane matot, awal'a nyalain kunci kontak hidup smua lmpu indikator, trs pas d kick starter mti smua,cb gnti sikring tetep g idup
    Mhn pencerahan'a suhu

    BalasHapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  18. Mas saya mau nanya.. sya pnya vixion 2009 tiba2 aja semuaa kelistrikannya matii .. lampu indikator nya gac bsa hidup.. dstarter apa lagii. Saya coba engkoll ehh mesin nya gac bisa hidup jga mass.. sudah saya cek smua kabel gak ada yg putus mass... jd bingung sayaa

    Apa tu masalah nya masss ???

    BalasHapus
  19. mau tanua mas,,lampu utama nvl saya mati sampai lampu belakang dan lampu senja,,tp lampu rem normal,klakson normal,aki normal,,bohlam gak putus,,kira2 apanya ya

    BalasHapus
  20. Mau tanya nih.. aliran listrik motor vixion mati total di nyalakan kontak tidak ada aliran listrik sama sekali dan saya coba kick stater pun gak bisa nyala.. waktu saya coba start dorong ada aliran sedikit.. kira" itu permasalahan di aki apa sekring..? Mohon bantuanya

    BalasHapus
  21. Mas mau nanya... Kapan itu sekring motor saya putus abis itu saya beli skring baru tapi lampu angle eye, demon eye, lampu blkng, lampu senja mati, tapi lampu hid/utama nya idup? Itu gimana ya atau lampunya yang putus? Makasih mas

    BalasHapus
  22. Motor mio soul tiba2 mati,tetapi lampu,sen klakson normal menyala penyebabnya apa gan

    BalasHapus
  23. Motor mio soul tiba2 mati,tetapi lampu,sen klakson normal menyala penyebabnya apa gan

    BalasHapus
  24. Kalok montor diengkol dan di stater tidak bisa idup itu apa nya ya mas?

    BalasHapus
  25. Itu akinya dropp...ganti aki baru bisa diengkol dan distater.

    BalasHapus
  26. Maaf bos mau tanya!! Vixion ane kelistrikan mati total dan di engkol jiga ga mau hidup, apakah itu yg mati sekringnya atw komponen yg lain? Berapakah ukuran sekring untuk vixion old

    BalasHapus
  27. Verza saya aneh gan, sekring ga ada yg putus tapi panel semua pada mati ,otomatis disela baru nyala lagi panel .

    BalasHapus
  28. Bg kalo kelistrikan semua mati tapi aki bagus
    Dan di kick starter masih hidup apanya yg kena sekring atau kiprok

    BalasHapus
  29. Bos mau tanya, apakah bisa Jupiter z pakai tromol belakang Vixion lama,..htr nhn

    BalasHapus
  30. Bosquee vixion ku. Tadinya masih bisa jalan2 truss aku parkirin dia. Tapi lupa off kontaknya. Setelah itu aku star kembali tdak bisa hidup lagi... Kendalanya apa bosque

    BalasHapus