Ketika berhenti lampu merah atau trafic light
seringkali saya menetralkan gigi transmisi dan mematikan mesin vixion untuk
menghemat bahan bakar dan juga mengurangi gas emisi yang dihasilkan si kuda
besi. Tapi terkadang saya harus menginjak sedikit lebih keras untuk menetralkan
transmisi, terasa susah sekali ke posisi netral, bahkan saya harus menarik
handle kopling lebih dalam untuk menetralkan transmisi Yamaha Vixionku ini.
Sepengetahuan saya, ini karena kampas kopling
sedang dalam posisi memuai dan kondisi oli yang tidak lagi sempurna melumasi
bagian tersebut sehingga proses perpindahan gigi transmisi menjadi kurang
sempurna. Ini menjadi salah satu pertanda saatnya ganti oli agar transmisi
kembali berjalan sempurna, saya pun merogoh dompet untuk melakukan penggantian
oli dengan membeli Yamalube Sport (semi synthetic) seharga Rp. 30.000,- plus
ongkos pasang goceng saja. :D
Penggantian oli tidak perlu dilakukan di bengkel
resmi, karena kebanyakan bengkel resmi sudah penuh antrian sehingga anda harus
mengantri lama untuk mendapat giliran, walau cuma ganti oli. Penggantian oli
bisa dilakukan di bengkel-bengkel non resmi atau mungkin bisa dilakukan sendiri
di rumah karena memang prosesnya sangat mudah.
Oiya penggantian oli maksimal setelah menempuh perjalanan
kurang lebih 3.000 km, tapi idealnya dilakukan di 2.500 km. karena durasi motor
kita bekerja bukan tepatnya bukan berdasarkan
kilometer pada speedometer, saat kita memanaskan motor, berhenti di
trafic light, atau terjebak macet, mesin motor tetap bekerja, jadi sudah berapa
mesin kita hidup? Lama sekali pastinya bukan. Haha…
hehehe kalo pakek oli yamalub motor cpet hot gan...pengalaman ane berjalan 1000 km setelah itu motor jd kasar
BalasHapushaha emang gitu sih, tapi namanya mesin pasti panas kalau jalan. tapi owner vixion memang kebanyakan ganti oli lain selain yamalube diatas, mereknya bermacam-macam gan. kalau agan sendiri pakai oli apa nih?
Hapusboleh dishare dong, pengalamannya :)
kalo ane pakek oli merek Enduro 4T gan,,,lumayan lah buat ane sekarang dah jalan 2000km tetep enak tp kalo buat jalan jauh kipas radiator kadang idup sendiri,,,,
Hapushaha jangan kan jauh gan, deket pun kalau macet sering hidup kipasnya_
Hapustapi boleh dicoba nih oli nya :)
punya ane klo mesin panas oper gigi jadi keras it knp ya ..
Hapusitu karena kampas koplingnya muai karena panas bro, ane juga begitu_
Hapussolusinya coba stel rada jauh handle koplingnya, tapi cuma ngaruh dikit c_
intinya si klo tali kopling bawah stelannya kendor pasti waktu mesin panas kopling kerasny a LUAR BIASA, jd perhatikan tegangan tali kopling
BalasHapusbeuh betul banget mas bro, kemarin kopling saya 'ngeluyur' terus, udah setel kabel koplingnya masih terus 'ngeluyur' tuh motor_
HapusCek dan ricek ternyata kabel koplingnya mau putus di tengah-tengah, langsung aja gw tebus and ganti tuh kabel kopling, cuma 35rb euy :)
ane nyesel beli new vixion..sblmny kecewa byson..kali ini new vixion....mesin kasar...kilometer baru 5000 kayak udah puluhan taon..blm lagi mindahin presneling cekrak cekrok...kayak ga pake perneling tangan aja....hadeuhh....jual aja...
BalasHapus