Top Navigation Bar

Jumat, 11 Januari 2013

Susah Oper Gigi Transmisi/Netral? Ayo Ganti Oli


Ketika berhenti lampu merah atau trafic light seringkali saya menetralkan gigi transmisi dan mematikan mesin vixion untuk menghemat bahan bakar dan juga mengurangi gas emisi yang dihasilkan si kuda besi. Tapi terkadang saya harus menginjak sedikit lebih keras untuk menetralkan transmisi, terasa susah sekali ke posisi netral, bahkan saya harus menarik handle kopling lebih dalam untuk menetralkan transmisi Yamaha Vixionku ini. 

Sepengetahuan saya, ini karena kampas kopling sedang dalam posisi memuai dan kondisi oli yang tidak lagi sempurna melumasi bagian tersebut sehingga proses perpindahan gigi transmisi menjadi kurang sempurna. Ini menjadi salah satu pertanda saatnya ganti oli agar transmisi kembali berjalan sempurna, saya pun merogoh dompet untuk melakukan penggantian oli dengan membeli Yamalube Sport (semi synthetic) seharga Rp. 30.000,- plus ongkos pasang goceng saja. :D

Penggantian oli tidak perlu dilakukan di bengkel resmi, karena kebanyakan bengkel resmi sudah penuh antrian sehingga anda harus mengantri lama untuk mendapat giliran, walau cuma ganti oli. Penggantian oli bisa dilakukan di bengkel-bengkel non resmi atau mungkin bisa dilakukan sendiri di rumah karena memang prosesnya sangat mudah.

Oiya penggantian oli maksimal setelah menempuh perjalanan kurang lebih 3.000 km, tapi idealnya dilakukan di 2.500 km. karena durasi motor kita bekerja bukan tepatnya bukan berdasarkan  kilometer pada speedometer, saat kita memanaskan motor, berhenti di trafic light, atau terjebak macet, mesin motor tetap bekerja, jadi sudah berapa mesin kita hidup? Lama sekali pastinya bukan. Haha…

Penggantian oli selang 3 kali dianjurkan melakukan penggantian filter oli juga untuk membuang serpihan-serpihan kecil sisa gesekan yang terjadi di dalam mesin. Semoga bermanfaat. Hendra5170_
Comments
9 Comments

9 komentar:

  1. hehehe kalo pakek oli yamalub motor cpet hot gan...pengalaman ane berjalan 1000 km setelah itu motor jd kasar

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha emang gitu sih, tapi namanya mesin pasti panas kalau jalan. tapi owner vixion memang kebanyakan ganti oli lain selain yamalube diatas, mereknya bermacam-macam gan. kalau agan sendiri pakai oli apa nih?
      boleh dishare dong, pengalamannya :)

      Hapus
    2. kalo ane pakek oli merek Enduro 4T gan,,,lumayan lah buat ane sekarang dah jalan 2000km tetep enak tp kalo buat jalan jauh kipas radiator kadang idup sendiri,,,,

      Hapus
    3. haha jangan kan jauh gan, deket pun kalau macet sering hidup kipasnya_
      tapi boleh dicoba nih oli nya :)

      Hapus
    4. punya ane klo mesin panas oper gigi jadi keras it knp ya ..

      Hapus
    5. itu karena kampas koplingnya muai karena panas bro, ane juga begitu_
      solusinya coba stel rada jauh handle koplingnya, tapi cuma ngaruh dikit c_

      Hapus
  2. intinya si klo tali kopling bawah stelannya kendor pasti waktu mesin panas kopling kerasny a LUAR BIASA, jd perhatikan tegangan tali kopling

    BalasHapus
    Balasan
    1. beuh betul banget mas bro, kemarin kopling saya 'ngeluyur' terus, udah setel kabel koplingnya masih terus 'ngeluyur' tuh motor_
      Cek dan ricek ternyata kabel koplingnya mau putus di tengah-tengah, langsung aja gw tebus and ganti tuh kabel kopling, cuma 35rb euy :)

      Hapus
  3. ane nyesel beli new vixion..sblmny kecewa byson..kali ini new vixion....mesin kasar...kilometer baru 5000 kayak udah puluhan taon..blm lagi mindahin presneling cekrak cekrok...kayak ga pake perneling tangan aja....hadeuhh....jual aja...

    BalasHapus