Rantai |
Saat mengamati motor kesayangan apa lagi di bagian
kaki-kaki, kita seringkali memutar ban belakang Yamaha Vixion kesayangan kita.
Baik untuk menyetel rantai gear roda belakang atau hanya mencari lokasi pentil
ketika akan menambah angin di ban belakang.
Ketika memutar roda belakang kita sering kali
bingung, kenapa ketika diputar ketegangan rantai berubah-rubah. “DorCeng” atau
kendor kenceng adalah istilah yang sering digunakan dalam keadaan seperti ini.
Karena memang ketegangan rantai ketika roda diputar menjadi kendor dan
mengencang di putaran berikutnya. Fenomena seperti ini bukanlah karena sulap
ataupun sihir, tetapi logikanya adalah karena ketika rantai ditarik mesin untuk
memutar roda belakang beban yang ditarik sangatlah berat sehingga rantai
menjadi melar dibeberapa bagian yang mengakibatkan rantai menjadi dorCeng.
Selain rantai, gear juga mempengaruhi fenomena
DorCeng ini. Gear terkikis di bagian tertentu yang mengakibatkan gearr tidak
bulat merata sehingga ketika rantai ditarik oleh mesin rantai akan mengikuti
kontur gear yang tidak rata. Ini membuat rantai menjadi kendur dan kencang sesuai
dengan kontur gear tersebut.
Dengan kondisi rantai yang DorCeng ini, performa
kendaraan jadi kurang maksimal. Kita juga sering kali bingung bagaimana untuk
menyetel setelan rantai yang DorCeng seperti ini. Kalau terlalu kendor, traksi
dan torsinya kurang maksimal dan kalau terlalu kencang, khawatir rantai putus
dan menambah masalah baru. Jika memang begini, penggantian Gear Set memang
seharusnya dilakukan. Tapi bagaimana jika kondisi gear masih bagus (tumpul),
kan sayang juga jika harus diganti, belum lagi merogoh kocek yang tidak
sedikit. Heu.. biaya lagi tentunya :(
Solusinya adalah dengan menggunakan part variasi
yang bernama Tensioner Rantai. Harganya cukup murah, cuma Rp. 25.000 –
150.000,- saja. Bentuk dan bahannya bervariasi, tapi saya sarankan beli yang
kualitas menengah saja, utamakan fungsi dan bahan dibandingkan bentuk dan
warna. Harga memang tidak bohong, yang bagus pasti mahal tapi yang mahal belum
tentu bagus, jadi cermatlah dalam membeli. Semoga bermanfaat. Hendra5170_
ini gue pake yang murah, cuma 25 rb hehe |
sampel |
ooh itu toh yg namanya tensioner rante
BalasHapushttps://brigade15.wordpress.com/2013/01/07/ane-jual-nano-energizer-gan/
yoi bro, pake juga donk biar awet rantainya_
Hapusjadi risik ga??
BalasHapusbrisik maksudnya bro?
Hapusgak koq, malah mengurangi suara brisik di rantai, sebab gesekan rantai sama gear bisa dikurangi karena tensioner rantai membantu memposisikan rantai agar dapat berputar mulus sama gear.
ane dah pake gan,, tp pnyakite 1 yang blum ilang,, saat di geber rpm hampir merah suara rantainya berisik n motornya jadi ndut ndutan gmana ya??? masa harus ganti,,
BalasHapusberisiknya kaya gmn yah?
Hapuskalau berisiknya masih wajar dalam artian tidak terlalu keras bunyinya ya itu normal, sebab rantai dan gear dipaksa berputar di rpm tinggi.
Kalau ndut2an, coba pastikan itu bukan akibat rantai. Kalau ternyata itu dari rantai, mungkin itu akibat stelan rantainya terlalu kencang sehingga tidak ada space untuk rantai untuk main ketika jalan bergelombang n suspensi naik turun.
Semoga itu membantu :)
bro jari2nya smpe bengkok gtu tuh,,,
BalasHapushaha iya bro, lobang jari2 di velgnya lurus beda sm velg biasa, jadi pas dipasang jadi bengkok, kedepan mau ganti jari2 ukuran 130 sama rubah susunan jari2nya supaya bisa lurus. tu saran dari mang slamet, tukang stel velg langganan ane :)
Hapusmakasih atas infonya bgus dan sangat berman faat
BalasHapusbro ...ada yang jual roda tensionernya doang ngga??? punya gw udah oblag baringnya....mohon infonya bro....
BalasHapusMas, apakah pakai tensioner , gear dan rantai cepat aus? Krna rantainya selalu kenceng to mas
BalasHapus