Top Navigation Bar

Jumat, 11 Januari 2013

Tersendat Di Rpm Atas, Tandanya Busi Hampir Mati



Busi NGK Iridium
Busi NGK Iridium

Rasanya sangat mengganggu dan sangat tidak nyaman ketika mengendarai motor kesayangan tapi tidak bisa mencapai kecepatan ideal atau maksimal. Pengalaman kurang mengenakkan seperti ini baru saya alami di bulan november 2012. Laju motor Yamaha Vixion tersendat di 4500 rpm ke atas dan tidak bisa melaju lebih dari 80 kmpj. Sangat sangat ugh…  kesal rasanya, ada apa gerangan dengan vixion kesayanganku ini.

Karena gejalanya tersendat-sendat, perkiraan awal adalah bagian fuel injection (injector) nya kotor sehingga perlu dibersihkan dengan fuel injector cleaner di bengkel resmi. Tapi setelahnya masalah tidak terselasaikan meski saya sudah 3 kali servis injector dan setting CO. Dengan rasa kesal, saya coba cari penyakitnya lalu pengecekan pertama adalah busi. Busi NGK Iridium CR8EIX akhirnya saya buka dan bersihkan, tapi ternyata masalah itu tetap ada. 

Busi NGK Iridium
Busi NGK Iridium
Akhirnya busi standar NGK CR8 saya pasang kembali dan benar saja, laju motor kembali seperti semula dengan top speed menyentuh angka 125 kmpj (Gp Filter, Koil TEC, 9Power). Senang rasa, puas sekali merasakan motor vixion kesayangan bisa melaju normal dan akhirnya saya simpulkan kalau tersendeat di rpm tinggi itu karena performa busi yang sudah melemah atau bisa dikatakan setengah mati atau hampir mati. So buat teman-teman vixioners yang mengalami hal serupa, segera periksa busi dan lakukan penggantian apabila elektroda pada busi sudah habis. Semoga bermanfaat. Hendra5170_       


Referensi Gambar :
link 1
link 2
Comments
1 Comments

1 komentar:

  1. mas bro saya sudah ganti busi iridium plus tci racing masalah masih sama yaitu saat naik di rpm 4500-6000 agak tersendat. terasa sekali pas gas langsam (manteng) kalau sudah diatas 6500 atau 8000 lari motor ok bs lebih dari 90-100 km/h ..

    BalasHapus