Top Navigation Bar

Jumat, 11 Januari 2013

RPM Ngedown Ke Nol Naik Turun



Browsing ke Forum Yamaha Vixion, saya menemukan masalah seperti ini. Kebayang bagaimana bingungnya bro Advise yang mengalami masalah putaran mesin atau RPM Yamaha Vixion tidak stabil naik turun dari 1000 ke Nol lalu naik lagi. Apalagi ketika menyalakan kelistrikan (seperti lampu utama, sign, klakson dan perangkat lainnya) RPM langsung drop ke 0 (nol) dan tidak mau naik lagi kecuali setelah perangkat kelistrikan  tadi dimatikan.


Mengingat untuk kepentingan bersama, untuk vixioners yang mengalami masalah yang sama bisa melakukan pengecekan tegangan aki terlebih dahulu sebelum melakukan penggantian part yang ddirekomendasikan bengkel. Karena mungkin saja pusat masalahnya ada di aki yang tekor, sama seperti yang dialami bro Advise ini.

Aki tekor disebabkan oleh konsumsi listrik yang berlebihan sehingga aki tidak dapat pasokan listrik yang cukup untuk disimpan. Istilah lainnya, “besar pasak dari pada tiang”, pengeluaran lebih besar dari pada pemasukan. Maklum Yamaha Vixion keluaran 2012 sudah mengadaptasi sistem AHO (automatic headlight on) sehingga lampu utama motor selalu menyala ketika kontak diputar “on”. Untuk menghindari masalah yang sama dianjurkan  Yamaha Vixion keluaran 2012 mengaplikasikan saklar on/off untuk lampu utamanya seperti keluaran sebelumnya di tahun 2011.

Info masukan juga dari bro Hans Zulkarnaen katanya "kalo ada yang kambuh setelah ganti aki.... coba ganti sekringnya, terkadang sekring fisiknya terlihat bagus tapi sebenernya tidak berkerja. pengalaman saya sama seperti ini, akhirnya setelah ganti sekring + melumasi soket2 kelistrikan dengan menggunakan WD-40, kelistrikan saya kembali normal lagi." thanks bro masukan infonya :)
Semoga bermanfaat. Hendra5170_
Comments
10 Comments

10 komentar:

  1. kalo ada yang kambuh setelah ganti aki.... coba ganti sekringnya
    terkadang sekring fisiknya terlihat bagus
    tapi sebenernya tidak berkerja

    pengalaman saya sama seperti ini
    akhirnya setelah ganti sekring + melumasi soket2 kelistrikan dengan menggunakan WD-40
    kelistrikan saya kembali normal lagi

    BalasHapus
  2. ya ampyuuuun,...w ngedorong Vixi w,...gara" aki tekor,...bengkel dah tutup semua,..jadi gak bisa blanja aki, buat gantiin aki yg tekor,...

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh, terus gimana itu bro?
      sudah ditanggulangikah?
      semoga masalah tsb tidak terjadi lagi ya, lumayan berat juga soalnya kalau dorong-dorong vixion, terus apa kata dunia kalau vixion mogok didorong-dorong :O
      tensin dong, motor keren koq mogok_hehe

      Goodluck_
      @hendra5170

      Hapus
  3. Mas hendra posisi dmna.
    ada nomor hp atau pin BB ga

    BalasHapus
  4. Vixion ane rpm naik turun gan dari 1000~3000 kayak mobil doyok slownya.. Padahal motor ane thn 2014 kita" apanya ya gan.. Mohon pencerahan nya...

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Mas mau nanya nih, mengenai mtr vixion sy rpm nya naik turun aja padahal aki baru sy ganti sikring juga baru. Begitu mesin panas sy nyalakan sein, teken rem rpm nya masih saja naik turun.
    Mohon solusinya mas???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah baik motornya om? Apa solusinya. Sama kyk motor saya.

      Hapus
  7. Mas mau tanya dong, vixionku kalo masuk gigi trus dikopling sama tekan rem kok lampu indikator yang warna orange nyala kalo kelamaan mati mesinnya, dibawa ke dealer katanya normal semua, akinya juga oke kata teknisinya..
    Mohon pencerahannya mas

    BalasHapus