Siapa sih yang tidak mau performa motor kesayangannya meningkat? Hampir semua pencinta otomotif ingin agar performa motornya meningkat. Mulai dari yang mengejar performa hingga efisiensi bahan bakar. Kerennya lagi, selain dapat performa juga bisa dapat efisiensi bahan bakar. Dengan upgrade performa kendaraan motor bisa lebih irit 5-10%. Apalagi kelas motor sport injection seperti Yamaha Vixion ini, injeksi saja sudah irit apa lagi klo dihemat 5-10% lagi. Sebulan bisa 3x isi bbm fulltank, tapi ya itu tergantung jarak tempuh motor. Kalau mau lebih irit bbm sudah pasti pakai kendaraaan lain seperti sepeda, Go green brother! haha :D
Oke langsung saja kita mulai dari tahap newbie yang sory sory jak nih masih belum tau banyak hehe... para newbie bisa mulai dari penggantian part-part vixion yang bersifat bolt-on atau langsung pakai Plug and Play (PnP). Jadi tidak merubah terlalu banyak karena mungkin merasa riskan karena belum tahu dan mengerti cara kerjanya. Di pasaran tanah air banyak sekali part-part variasi PnP dan berikut ini adalah part PnP yang bisa langsung dipakai di Yamaha Vixion :
Oke langsung saja kita mulai dari tahap newbie yang sory sory jak nih masih belum tau banyak hehe... para newbie bisa mulai dari penggantian part-part vixion yang bersifat bolt-on atau langsung pakai Plug and Play (PnP). Jadi tidak merubah terlalu banyak karena mungkin merasa riskan karena belum tahu dan mengerti cara kerjanya. Di pasaran tanah air banyak sekali part-part variasi PnP dan berikut ini adalah part PnP yang bisa langsung dipakai di Yamaha Vixion :
- Koil Tec Japan. Diadaptasi dari koil Tirev (Tiger Revo) yang bisa memercikkan api lebih besar dari koil standar vixion. (pengaruh : +power +efisiensi).
- Busi Iridium. (NGK CR8, Denso IU24) Dapat menghasilkan percikan api yang lebih fokus. (pengaruh : +power +efisiensi).
- 9Power. Digunakan pada kabel koil yang berfungsi sebagai penstabil tegangan dari koil ke busi. Biasanya digunakan 2 pcs atau bisa lebih dari 2 pcs jika dirasa perlu. (pengaruh : +power +efisiensi).
- Filter udara tipe racing. (GP Filter, JFC Filter, Ferrox Air Filter) Dapat meningkat debit udara yang masuk ke dalam mesin sehingga bisa menambah power mesin, tarikan jadi lebih enteng, serta pembakaran yang optimal. (pengaruh : +power +efisiensi).
- Knalpot Racing/Freeflow. Bisa mengeluarkan sisa gas pembakaran lebih cepat sehingga dapat meningkatkan power motor. (pengaruh : +power).
Sekarang masuk ke Stage 2 nih untuk para pecinta vixion, klo di Stage 1 tadi membahas part-part yang PnP, di Stage 2 ini kita akan membahas tentang rubahan yang bisa dilakukan untuk meningkatkan power sang FZ150 ini. Oke lah kita langsung saja yah biar para vixioners bisa langsung upgrade Yamaha Vixion kesayangannya :D
Up.. up.. up.. lagi biar tambah kenceng hehe.. sekarang naik ke Stage 3, harap berhati-hati buat vixioners sekalian, ini tidak berbahaya, hanya saja rubahannya lumayan makan kocek besar nih. Oke dah, langsung ke Stage 3 buat para pro bikers berikut kit-kit yang bisa dipakai.
- Porting and Polish. Memperbesar dan menghaluskan permukaan saluran intake dan exhaust. Tidak lupa dengan mengukurnya dengan metode flowbench agar lebih akurat besaran volume udara yang masuk dan keluar. Cara ini dapat meningkatkan volume bahan bakar serta meningkatkan kecepatan masuknya bahan bakar dan keluarnya gas buang sehingga dapat menambah kecepatan putar mesin. (pengaruh : +power ).
- Papas head. Dengan memapas head mesin ini dapat meningkatkan kompresi sehingga proses pemadatan bahan bakar dan udara bisa lebih padat sehingga bisa menambah kekuatan ledakan yang dihasilkan ketika bbm dan udara dibakar busi. (pengaruh : +power).
- Kampas Kopling dan Per Kopling. Gunakan kampas kopling yang lebih tebal dan per kopling yang lebih keras untuk menghindari slip kopling. (pengaruh : +power).
- Bore Up. Menambah kapasitas silinder mesin agar dapat menampung lebih banyak supply bahan bakar dan udara. Dengan begitu memungkinkan untuk menghasilkan ledakan yang lebih besar dan power yang lebih. (pengaruh : +power)
- Piggyback. Alat penipu ECU ini digunakan untuk memberikan pasokan bahan bakar yang diperlukan, karena ECU standar tidak dapat disetting. (pengaruh : +power).
Up.. up.. up.. lagi biar tambah kenceng hehe.. sekarang naik ke Stage 3, harap berhati-hati buat vixioners sekalian, ini tidak berbahaya, hanya saja rubahannya lumayan makan kocek besar nih. Oke dah, langsung ke Stage 3 buat para pro bikers berikut kit-kit yang bisa dipakai.
- Koso Fuel Injection Kits. Merubah maping ECU sesuai dengan kebutuhan mesin sehingga tenaga yang dihasilkan lebih maksimal. (pengaruh : +power).
- Air Injection. Digunakan untuk menambah debit udara segar yang masuk ke throthle body untuk merangsang injektor sehingga dapat menambah pasokan bahan bakar yang dikeluarkan injektor lebih banyak. (pengaruh : +power).
- Modul IM8. Vixion dengan pengapian standar tidak akan bisa menggunakan busi tipe racing. Oleh karena itu untuk dapat menggantinya dengan koil racing dan meningkatkan kapasitas arus listrik yang dikeluarkan koil, maka modul pengapian ini adalah syarat pendukungnya. (pengaruh : +power +efisiensi).
- Koil Racing. Pengapian lebih besar. (pengaruh : +power +efisiensi).
- Busi Nology. Pengapian lebih besar. (pengaruh : +power +efisiensi).
Okelah, sekian dulu tulisan hari ini tentang upgrade performa sang vixion, jangan lupa baca artikel lainnya yah :D
Baca juga :
Daftar Harga Spare Part Racing dan Accecories Yamaha Vixion
Perawatan Fuel Injection Yamaha Vixion
Pilihan Aliran Modifikasi Yamaha Vixion
[Review] GP Filter
Baca juga :
Daftar Harga Spare Part Racing dan Accecories Yamaha Vixion
Perawatan Fuel Injection Yamaha Vixion
Pilihan Aliran Modifikasi Yamaha Vixion
[Review] GP Filter
test,, ga ngertiiii...
BalasHapuswah kenapa gak ngerti?
BalasHapusaplikasi koil tipe CDI (tirev) ke vixion yg pake sistem TCI emang ga ngaruh ke ECU bro?
BalasHapusga ngaruh ke ECU bro, karena pada dasarnya koil lah yang diatur oleh ECU, bukan sebaliknya_
Hapuskoil hanya berfungsi untuk mematik api sesuai perintah ECU, tapi tidak semua jenis koil bisa diperintah atau dengakn kata lain cocok dengan ECU vixion_
emang bener kog, koil diatur oleh ECU, untuk timing dan besar voltage-nya setau-ku, bukan sebaliknya gitu.
BalasHapushla, koil itu langsung pasang ajakah dengan kabel di V-ixion.??
setau ku, koil yg untuk CDI (TiRev dan lainnya), input Voltage-nya sekitar 300-an vDC, dan koil untuk TCI (v-ixion / thunder) itu Input Voltage-nya cuma 12 vDC, nah.. apakah manjur tuh Koil TiRev dipasang di ECU yang notabene dengan sistem TCI (12 vDC) bakal lebih besar Memantikkan Api Busi.??
gimana Pak, adakah efeknya.??
secara detail sih gw gak bisa jelasin, tapi menurut hasil riset and test drive baik dari yang lain and gw sendiri, gw ngerasa emang ada peningkatan performa_
Hapustapi untuk detailnya gw gak bisa jelasin_hehe
karna gw bukan ahlinya, cmiiw..
Hapussalam sob hendrawan..ane nubi ni sob sm vixi, walopun dan punya vixi tapi masih ngeri2 kalo mu utak atik sendiri takut malah berabe rusaknya (krn injeksinya c..:) kl boleh tau bengkel yang udah pengalaman sm vixi dmn y sob, biar sekalian belajar teori n prakteknya gtu trus langsung aplikasi deh ke vixi ane...hehe
BalasHapusmakasih sob sblmnya.. :)
salam juga mas heru, gw juga ngeri klo harus utak atik terlalu banyak, apa lagi kalau berkaitan sama sistem injeksinya. jadi ya main aman aja, cukup modif di sektor-sektor yang mudah dan bersifat plug and play (PnP) jadi gak terlalu ribet_hehe
Hapusbengkel yang berpengalaman banyak, daerah jakarta/tanggerang udah banyak yang ngegarap vixion kaya vracing, vj racing, iws, dll, untuk alamat bisa langsung search di mbah google bro_
tapi untuk pelajaran yang simple sih, tinggal browsing aja, gw juga gitu. biar gak banyak tapi lumayan kan buat nambah-nambah jampi buat si vixion_ :)
kalau dirubah seperti di atas kira2 habis berapa mas??
BalasHapusmungkin sekitar 5 jutaan, kalau diperinci mungkin bisa lebih.. tergantung spesifikasinya :)
Hapussetuju sekali dengan artikel diatas,,, :)
BalasHapusbagus infonya mantap abis
BalasHapusbagus artikelnya saya suka sekali :)
BalasHapus