Top Navigation Bar

Senin, 24 September 2012

[Review] Gp Filter


Gp Filter (kiri) filter ori (kanan)
Cara paling mudah dan yang paling terasa perubahan performa Yamaha Vixion (FZ150) adalah dengan mengganti Filter udara standar pabrikan dengan tipe racing. Kali ini saya akan mereview tentang GP filter.
Seperti yang kita ketahui bahwa fungsi dari filter udara adalah untuk menyaring udara agar udara yang masuk ke dalam ruang bakar adalah udara bersih. Akan tetapi filter udara pabrikan yang memiliki lubang serat yang kecil membuat udara sulit masuk sehingga kadang pasokan udara yang dibutuhkan mesin bisa dibilang terbatasi oleh filter ini.

Gp Filter
Gp Filter adalah filter termurah di pasaran, kenapa saya katakan demikian, karena setelah melihat produk sejenis di pasaran harganya sangat variatif dan Gp Filter ada di paling bawah. Tapi memang kualitasnya berbeda dengan yang berharga lebih tinggi, ya harga memang tak pernah bohong. Bentuknya cukup sederhana dengan frame berbahan plastik serta kain yang diapit oleh jaring kawat kecil dan dilapis sealant sepanjang sisi jaringnya. Dulu saya beli seharga Rp. 130.000 dan mengaplikasikannya ke Yamaha Vixion, tentu juga diikuti dengan pengaturan debit udara (co) melalui Fuel Injection Diagnostic Tool (FIDT) di Bengkel Resmi (BeRes) Yamaha. Perubahan performanya sangat terasa, gas menjadi lebih ringan, dan powernya pun sangat berisi.

Setelah beberapa bulan menggunakan filter ini, akhirnya sebelum masuk servis, filter ini pun saya cuci menggunakan sabun cuci piring. Bahannya yang terbuat dari kain memungkin filter ini untuk dicuci, berbeda dengan filter pabrikan yang mengharuskan penggantian ketika filternya sudah terlewat kotor. Ini adalah salah satu alasan mengapa saya ganti menggunakan filter ini, karena tidak memerlukan penggantian sehingga lebih awet dan juga menghemat pengeluaran.

Tapi saya sarankan untuk berhati-hati produk ini, karena ternyata cukup fragile atau rawan pecah. Kemarin saya tidak sengaja menjatuhkannya dan framenya plastiknya pun pecah, akhirnya saya siasati dengan mengelem kembali bagian yang pecah tadi hehe kreatif kan :D
Untuk yang ingin pakai, produk ini cukup oke, selain harganya lebih terjangkau, fungsinya pun tidak jauh berbeda. Jadi menurut saya, ini sudah cukup untuk mengganti filter standar pabrikan Yamaha Vixion (FZ150).     
Jangan lupa baca artikel lainnya ya dan berikan penilaian anda jika anda menyukai artikel ini :)
Comments
3 Comments

3 komentar:

  1. foto pertama mirip di blog ini ya :D

    http://aaikhwan.wordpress.com/2011/07/25/membersihkan-filter-udara-vixion/

    BalasHapus
  2. ane sih gak masalah gambar di ambil, bebas..cm kl ane ambil foto lain pun ane sertakan sumbernya gak dirubah-rubah seperti anda :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sory bro, ane gx maksud begitu foto nya dapet dari mbah gugle :D

      Hapus