Top Navigation Bar

Senin, 24 September 2012

Pilihan Aliran Modifikasi Yamaha Vixion (FZ150)

Nih ada beberapa referensi model modifikasi Yamaha Vixion (FZ150) yang bisa dipakai untuk panutan vixioners sekalian, langsung saja kita lihat detailnya satu persatu :D



1. Functional Touring Style
Vixion Functional Touring Style

Yups, namanya juga functional touring style, jadi style motor touring tapi tetap tidak mengenyampingkan fungsi-fungsi yang lain, malah yang ada adalah menambah fungsi yang ada. Berikut akan saya jelaskan detail modifikasi yang diperlukan untuk mendapat tampilan seperti di atas mulai dari kaki sampai dengan ujung rambut. Lho, emang motor ada rambutnya yah??? XD
  1. Velg lebar, di pasaran kini banyak velg lebar untuk Yamaha Vixion dengan ukuran lebar rata-rata depan adalah 2,75” dan belakang 3,5” dengan harga kisaran Rp. 500.000 s/d 1.500.000 dari berbagai merek seperti chemco, power, hmf, vrossi, dan lainnya.
  2. Ban, menilik ke atas maka denga velg lebar dibutuhkan juga balutan ban dengan ukuran lebar di atas atau sama dengan 100. Dua rekomendasi saya gunakan ukuran berikut 1 (depan 100/70, belakang 120/70), 2 (depan 110/70, belakang 130/70). Penggunaan ukuran lebar 130 pada ban belakang adalah yang paling maksimal untuk arm standar, karena jika melebihi lebar 130 maka ban akan bergesekan langsung dengan rantai dan juga arm. Untuk harga ban bisa dilihat disini :
  3. Rear Disc Brake (RDB), jika ingin memasang RDB maka PASTIKAN piringan disc dan master rem yang digunakan adalah ORIGINAL, karena kedua piranti ini lah yang sangat berpengaruh. Di pasaran sudah banyak yang menjual RDB secara paketan dengan kisaran harga Rp. 500.000 – 600.000. Akan tetapi terkadang part yang digunakan adalah part kw atau imitasi.
  4. Disc Lebar 320mm (depan). Gunakan disc yang berkualitas, karena disc yang kurang berkualitas akan mudah berkarat dan menghambat fungsi pengereman. Disc lebar dengan tipe floating sangat disarankan. Rekomendasi saya adalah PSM atau TZM yang sudah banyak digunakan di arena balap dengan kisaran harga Rp. 290.000 – 400.000.
  5. Footstep Racing, supaya riding position lebih nyaman. Kisaran harga Rp. 250.000 – 800.000 an.
  6. Knalpot Freeflow
  7. Spakbor Depan, karena sudah ganti dengan velg dan ban lebar, spakbor depan wajib ganti karena tidak sanggup menampung ban yang lebih besar dari standar. Bisa menggunakan milik Ninja 250 atau variasi lainnya dengan kisaran harga Rp. 75.000 – 300.000 an.
  8. Spakbor kolong, bisa menggunakan vixion shark series, byson atau variasi lainnya. Kisaran harga Rp. 70.000 – 200.000 an.
  9. Engine Cover, bisa menggunakan vixion shark series, byson atau variasi lainnya. Kisaran harga Rp. 70.000 – 200.000 an.
  10. Big air shroud (optional), lebih besar dari standar. Kisaran harga Rp. 200.000 an.
  11. Head Ayam Jago (optional), bisa menggunakan milik Satria F, Honda Sonic atau variasi. Kisaran harga Rp. 200.000 – 400.000 an.
  12. Center dan Side Box
  13. Handguard, kisaran harga Rp. 130.000 – 200.000 an.
  14. Klason Hella (rekomendasi)
  15. Lampu HID (rekomendasi)

2. Cross Dirt Bike
Vixion Cross Dirt Bike
Nah untuk tampilan seperti dirt bike, rubahannya cukup sedikit, ayo kita lihat apa saya yang dirubah :D
  1. Velg, ganti dengan tipr spoke wheels atau jari-jari. Untuk tromol belakang bisa menggunakan tromol Yamaha RX-King, Jupiter MX atau variasi lainnya. Untuk depan bisa pakai tromol Yamaha RX-King, Jupiter MX, hanya saja harus membeli discnya juga karena dudukan disc pada velgnya berbeda dengan vixion. Opsi lain adalah dengan mencari tromol variasi seperrti milik ninja 150r, biasanya sudah dapat beserta dengan discnya, tinggal dibuatkan dudukan untuk caliper depan saja. Ada juga yang menjual sudah satu set. Untuk satu set rubahan velg ini bisa sampai kisaran Rp. 700.000 – 900.000 an.
  2. Ban Pacul (optional)
  3. Arm variasi (optional), terbuat dari alumunium dan sudah dilengkapi dengan stabilizer pada rangka tengah. Kisaran harga Rp. 400.000 – 800.000 an.
  4. Body, Tank, Head dan Spakbor Dirt Bike, biasanya sudah dijual secara paketan. Kisaran harga Rp. 900.000 – 1.500.000 an.
  5. Head, bisa aplikasi punya Kawasaki Klx. Kisaran harga Rp. 300.000 – 400.000 an.

3. Street Fighter
Vixion Street Fighter
Nah ini yang salah satu paling banyak digandurungi para vixioners, modifikasi motornya bertemakan street fighter sejati yang butuh dana tidak terlalu sedikit tapi juga banyak. Rombakannya cukup ektrem dengan mengganti part-part utama seperti arm, shock peredam depan perubahan-perubahan lainnya. Langsung aja deh kita liat spesifikasi detail yang dibutuhkan untuk bergaya dengan model street fighter kaya gini, let’s check out.
  1. Pro Arm + Velg lebar, di pasaran kini sudah ada pro arm atau arm tunggal yang dijual berikut 1 set velg lebar untuk Yamaha Vixion dengan ukuran lebar rata-rata depan adalah 3” dan belakang 4-5” dengan harga kisaran Rp. 2.500.000 s/d 5.000.000 an.
  2. Shock Up Side Down (USD), menambah kesan kekar nan berisi pada kaki-kaki, di pasaran dijual mulai Rp. 2.500.000 – 4.000.000 an
  3. Ban, menilik ke atas maka denga velg lebar dibutuhkan juga balutan ban dengan ukuran lebar di atas atau sama dengan 120. Dua rekomendasi saya gunakan ukuran berikut 1 (depan 120/70, belakang 150/60), 2 (depan 130/70, belakang 160/60).
  4. Rear Disc Brake (RDB),
  5. Disc Lebar 320mm (depan),
  6. Footstep Racing,
  7. Knalpot Freeflow,
  8. Body costum, rata-rata para penganut aliran ini menggunakan body costum agar tidak ada duanya, sehingga menjamin originalitas dan keaslian sang maha karya Yamaha Vixion.
Sebenarnya masih ada satu lagi versi racing sport, tapi nunggu redaksi dulu yah hehe. Rubahan di atas adalah rubahan dari segi penampilannya saja, untuk mengimbangi penggunaan part-partnya performa juga patut dikembangkan. Untuk melihat part-part PnP dan upgrade Yamaha Vixion dapat dilihat di sini : upgrade performa vixion

Jangan lupa baca artikel lainnya ya dan berikan penilaian anda jika anda menyukai artikel ini :)
Baca juga :
Daftar Harga Spare Part Racing dan Accecories Yamaha Vixion
Perawatan Fuel Injection Yamaha Vixion
Pilihan Aliran Modifikasi Yamaha Vixion
[Review] GP Filter
Comments
19 Comments

19 komentar:

  1. Apa harga velg tipe Functional Touring Style, sudah termasuk ban?

    mohon pencerahan

    BalasHapus
    Balasan
    1. belum bro, velg itu kisaran 700rb sampai 1,2jt untuk ban sendiri tergantung ukuran dan mereknya bannya :)

      Hapus
  2. jangan lupa vixionalaynya bro sing penting ban cacingnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha iya bro, krna gw bukan generasi vixionalay_haha
      boleh lah nanti kapan-kapan dibahas_haha
      makasih masukannya bro :)

      Hapus
  3. yang modelx sport GP koq nqa ada refrensix?

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh iya yah, nanti kita ulas deh_
      makasih masukannya bro :)

      Hapus
  4. Untuk stang bgusnya pake yg gimna ????

    BalasHapus
    Balasan
    1. simpel n murah bisa pake stang byson, cm 50ribuan_
      Tp kalau mw mahal coba tengok stang keluaran produk nui :)

      Hapus
  5. berapa dana yg habis untk mengupgret vixion secarah ke seluruhan

    mohon tafsirannya mas

    BalasHapus
  6. berapa dana yg habis untk mengupgret vixion secarah ke seluruhan

    mohon tafsirannya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas boyke, di atas udah ada tafsirannya, tapi kalau mau lebih detailnya mas boyke bisa tuliskan spesifikasinya, biar gw bisa tafsirkan lebih detail :)

      Hapus
  7. bro klo vixion di kasih knalpot kawahara cocok gak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kalo kawahara gw jarang liat atau denger suaranya, tapi kalo liat merek sih masuk kelas premium tuh. tapi gw mah lg naksir r9_hehe

      Hapus
  8. bro hendra..
    kalo ane ganti upside down, ukuran velg maksimal yg bisa masuk berapa inch yah? 3,50 inch masuk gak tuh? soalnya ane udah beli velg, dan velg depannya ukuran 3,50 inch gitu. kalo pake upside down ori sepertinya gak muat. hehe mohon pencerahannya bro hendra..

    nuhun bro..

    BalasHapus
    Balasan
    1. liat barang usd (upside down) nya dulu mas bro, kalau khusus untuk vixion seperti produk thailand yang bertebar dipasaran, kemungkinan cuma muat velg 3.00 inch sebab lebar usd nya menyesuaikan velg ori vixion, jadi tidak terlalu berbeda sama shock depan ori vixion.

      kalau yang dipakai ternyata usd limbah moge (motor gede), mas bro bisa cek keterangan dari usd tersebut, motor apa dan lebar velg depannya berapa?
      misalnya yamaha r6, lebar velg depan 3.50 inch, dan belakang 5.50 inch. berarti usd ex yamaha r6 bisa untuk velg depan lebar 3.50 inch, tinggal di costum aja supaya bisa dipakai di vixion.

      Goodluck_
      @hendra5170

      Hapus
  9. bro hendra mtor vixionq dah saya buat mdel gp...
    tapi tiap khjnan mati2 trus knpa ea..?
    mohon pncerahannya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah setahu saya kalau vixion anti hujan, kecuali banjir_hehe

      kalau boleh tau rubahannya apa aja yah?
      apakah setiap kehujanan mati?
      boleh dicek :
      1. cop busi, cek apakah renggang atau rusak, soalnya kalau renggang air jadi gampang masuk n bikin motor susah hidup. kalau ternyata rusak ganti baru aja paling 10-15rb'an
      2. cek busi, cek apakah renggang atau tidak, kalau ini renggang juga air jadi gampang masuk n bkin motor susah hidup. kalau cuma renggang coba dikencangkan
      3. cek kabel-kabel body, apakah ada yang sobek/terkelupas. kalau terkelupas segera tutup dengan isolasi listrik yang warna hitam

      Goodluck_
      @hendra5170

      Hapus
  10. Gan tolong pencerahannya.. Kalau pake stang tiger gmN? Katanya tali gasnya pendEk dan harus di gnti..

    BalasHapus
    Balasan
    1. stang tiger kalau gak salah cuma beda tinggi sedikit dari stang ori, pemasangannya supaya kabel gas cukup mas bisa akali dengan merubah alur kabel gas supaya jarak mainnya lebih panjang dan cukup dipasang di stang tiger. tapi kalau memang tidak cukup, mas bro bisa minta kabel yang lebih panjang di bengkel-bengkel terdekat :)

      Hapus